SARANA BELAJAR DAN BERBAGI PENGETAHUAN

 

Mengenal Beberapa Fungsi Blok Kontrol; Operator; Blok Variable; dan Custom Blok (MyBlok) dalam Scratch

 1. Kelompok Blok Control

Control merupakan tools penting dalam scratch. Control memiliki warna orange gelap. control berfungsi untuk mengontrol code agar berjalan

1.1 Blok Repeat

Fungsi ini sangat berguna untuk menghindari penulisan berulang dari blok perintah yang sama, sehingga membuat kode lebih efisien dan mudah dipelihara. Blok "repeat" () juga dapat digunakan untuk membuat pola gerakan atau tindakan yang terjadi secara berulang dalam permainan atau animasi Scratch.


1.2 Blok Repeat Until
Perulangan Repeat Until adalah perulangan yang digunakan untuk mengulang statement-statement atau blok statement sampai (Until) kondisi yang diseleksi di Until tidak terpenuhi. Bila kondisi pada penyataan UNTIL masih terpenuhi, proses pengulangan akan dilakukan lagi.


1.3  Blok Forever

Blok yang digunakan untuk mengulangi block code yang di dalamnya dalam kurun Waktu selamanya.




1.4 Blok IF...Then

If-then merupakan control block pada scratch. Jika kondisi boolean adalah TRUE maka block code yang berada pada if-then akan dieksekusi lalu dilanjutkan menuju kode selanjutnya yang berada dibawah block if-then. Jika kondisi boolean bernilai FALSE, maka block code yang berada pada block if-then akan di lewati. Kode ini akan memeriksa apakah kondisi yang tercantum benar atau salah – jika benar, maka program akan dijalankan, Jika salah akan dilewati.


1.5 Blok If-Then-Else
Kode percabangan dalam Scratch terdapat pada blok "If" dan "If-Else". Blok If digunakan untuk mengeksekusi serangkaian perintah jika kondisi yang ditentukan benar, sedangkan blok If-Else digunakan untuk mengeksekusi perintah yang berbeda tergantung pada kondisi yang diberikan.






2. Kelompok Blok Operator
Blok operator digunakan untuk membuat skrip persamaan matematika dan penanganan string. Misalnya, Anda dapat menggunakan blok operator untuk dua angka secara bersamaan, atau mencari huruf dalam sebuah kata.

2.1 Operator Penjumlahan
Blok ini digunakan untuk menambahkan dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.




2.2 Operator Pengurangan 
Blok ini digunakan untuk mengurangi dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.



2.3 Operator Perkalian
Blok ini digunakan untuk mengalikan dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.



2.4 Operator Pembagian
Blok ini digunakan untuk membagi dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.



2.5 Operator MOD 
Blok ini digunakan untuk Mengembalikan sisa bagi (modulo) setelah angka pertama dibagi dengan angka kedua dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layar. 

2.6 Operator Lenght Of
Blok ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter (string) dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layar. 



3. KELOMPOK BLOK VARIABLE

Variabel dalam scratch adalah wadah penyimpanan yang menampung nilai yang dapat dimodifikasi atau diambil oleh program Anda. Variabel ini dapat digunakan untuk menyimpan data seperti angka (0-9), string (teks), atau nilai Boolean (benar/salah), dan dapat diakses dari sprite manapun dalam proyek Anda.

1.1  Make a Variable 
Blok ini digunakan untuk membuat variable,variable yang digunakan akan dapat digunakan untuk mengisi kolom yang sesuai seperti kolom pada Operators,Sensing, Controls dll



1.2 Set Variable to
Blok ini digunakan untuk menyetel atau mengganti variabel ke jumlah yang ditentukan



1.3 Change Variable by
Block ini akan mengubah variabel yang ditentukan dengan jumlah tertentu. Jika variable adalah string (teks) dan bukan angka (0-9), itu diatur ke jumlah yang diberikan.

1.4 Show Variabel 
Block ini digunakan untuk menampilkan Variable di monitor pada Tahap Variabel yang ditentukan. Kebalikan dari block Show Variable adalah block Hide Variable

1.5 Hide Variable
Block ini digunakan untuk menyembunyikan tampilan Variable di monitor pada Tahap Variabel yang ditentukan. 


4. KELOMPOK MYBLOK
My Blocks adalah salah satu dari sepuluh kategori blok Scratch. Ini memegang prosedur untuk sprite yang dipilih. Mereka berwarna merah muda berkode. Sebelum blok apa pun dibuat, blok itu kosong, kecuali tombol "Buat Blok" My Blocks Membuat sebuah blok di sprite kita yang dapat kita berikan nama dan mendefinisikan apa yang dilakukan blok baru menggunakan blok Scratch lainnya, ini bisa digunakan untuk menghemat ruangan.













lebih detail tentang myblock dapat mengunjungi channel youtube

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPT SMPN 1 KENDURUAN